Calon Pustakawan Perlukah Mempelajari Digital Marketing?

 Calon Pustakawan perlukah mempelajari digital marketing?       

  Hallo reader, aku mau cerita sedikit tentang dunia perpustakaan boleh ya:)

Saat ini aku merupakan seorang mahasiswi dari salah satu perguruan tinggi negeri di kota Tangerang, jurusan kuliah yang saya ambil adalah Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Pasti dari kalian disini banyak banget yang masih awam dengan jurusan tersebut dan bertanya-tanya apa aja sih yang dipelajari? Apa aja sih prospek kerjanya? karena disini aku juga belum lulus dan masih kuliah semester 5 tapi ya aku mau share sedikit tentang pengalaman yang aku pelajari saat kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Kalian tahu gak sih kalau jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi mempelajari seluruh bidang disiplin ilmu?

Jurusan Ilmu Perpustakaan tak hanya mempelajari dunia perpustakaan saja loh tetapi lebih dari yang kalian bayangkan😍 . Karena disini kita juga belajar mengenai seputar Teknologi Informasi seperti yang kalian ketahui bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di abad 21 ini telah membawa perubahan yang mempengaruhi seluruh aktivitas kita kan. Bukti nyata juga saat ini telah dibuktikan dengan adanya teknologi informasi orang semakin dimudahkan dalam mengakses informasi. Nah sehingga, pencari informasi tidak harus datang ke perpustakaan melainkan bisa mengakses informasi menggunakan teknologi informasi yaitu Internet melalui smartphone kalian.

Oleh karena itu peran pustakan disini sangatlah berperan penting sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi. Sebagai calon pustawakan kita dituntut agar selalu aktif dalam mendistribusikan atau melayangkan informasi dan sumber-sumber informasi yang berkualitas kepada penggunanya. Dan dalam hal ini maka faktor promosi jasa layanan perpustakaan haruslah dijalankan, agar marketing informasi perpustakaan lebih terkontrol dan terarah nantinya.

Mata Kuliah Digital Marketing, apa sih?

Pada semester 5 saat ini saya mendapat mata kuliah digital marketing, loh kok calon pustakawan belajar marketing juga sih padahal bukan dari fakultas bisnis loh? Loh emang kenapa calon pustawakan juga perlu mempelajari hal seperti ini tau :)

Salah satu mata kuliah yang saya suka di jurusan ini adalah mata kuliah yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, karena materi tersebut dapat memperluas pandangan baru kita sebagai manusia di era informasi saat ini. Karena apa yang terjadi saat ini bahkan hampir semua sangat dipengaruhi oleh teknologi.

Ok langsung saja, aku akan kasih tahu apa sih definisi dari Digital Marketing itu, pahami baik-baik ya karena Ilmu ini penting banget dan berlaku buat siapa aja.

Digital marketing merupakan salah satu metode marketing yg menggunakan digital atau dengan arti lain metode pemasaran yang berbentuk digital dan diakses menggunakan internet, perangkat seluler, media sosial dan platform lainnya untuk menjangkau konsumen secara luas agar mendapatkan target yang diharapkan. contohnya seperti company profile dalam bentuk digital, desain poster dan lain sebagainya.

Selanjutnya apa saja yang saya pelajari dari matkul Digital Marketing ini next...

💻Membuat Blog

    Membuat dan mendesain tampilan blog sesuai dengan kemauan dan keinginan kita ternyata menyenangkan loh😱

 Pada sekitar tahun 2017 saya sudah mulai aktif menjadi blogger untuk membagikan review produk mengenai produk skin care dan beauty. Tetapi pada saat itu saya masih sekolah dan belum mempunyai ilmu dasar (basic) dalam dunia digital marketing jadi saya hanya mengerjakan blog dengan pengetahuan seadanya tanpa adanya mentor ataupun tutor. 

Setelah kuliah semester 5 saya mendapat tugas untuk membuat dan mendesain tampilan blog dengan materi-materi yang sudah diberikan. Saya bingung dan senang sekaligus karena saya bingung saya juga udah lama tak aktif di blogger tetapi saya juga senang karena ada matkul tersebut bisa memperluas pengetahuan dan menambah ilmu. Setelah membaca, memahami dan mengerjakan tugas misi yang telah diberikan saya sadar semuanya  itu sangat membantu saya dalam mengembangkan pengetahuan saya mengenai dunia digital marketing dan betapa pentingnya hal ini dalam dunia blogger. Mulai dari mendesain tampilan blog yang baik dan menarik, mengatur tata letak yang sesuai, membuat konten yang menarik dengan konsep copy writing, mengoptimalkan pencarian dengan konsep SEO (Search Engine Optimize) dan lain sebagainya banyak sekali materi yang sudah diberikan dan tentunya hal itu sangat-sangat bermanfaat karena materi yang diberikan mudah dipahami dan relate banget pada era informasi seperti saat ini.

Menurut saya Konsep Digital Marketing ini sangat diperlukan untuk menunjang  berbagai kegiatan yang memerlukan strategi promosi yang efektif.

Lalu, Apakah Kegiatan Promosi Juga Dibutuhkan Dalam Perpustakaan?

    Kegiatan promosi dibutuhkan dalam perpustakaan agar layanan di perpustakaan dapat diketahui dan dapat memenuhi kebutuhan, keinginan pengguna yang pada akhirnya dapat memuaskan pengguna. Promosi layanan perpustakaan yang dilakukan dapat dilakukan dengan konsep digital marketing, digital marketing merupakan suatu kegiatan yang berupaya untuk memperkenalkan berbagai layanan yang ada di perpustakaan kepada pengguna dan masyarakat. Promosi yang dilakukan juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan penggunanya.

Calon Pustakawan Adalah Marketing?

    Perpustakaan membutuhkan marketing karena berbagai faktor salah satunya karena adanya persaingan. 

Apakah perpustakaan perlu bersaing padahal perpustakaan bukan perusahaan yang menghasilkan keuntungan kenapa harus bersaing? 

Lebih tepatnya, Perpustakaan harus membuat inovasi terus-menerus dan harus lebih meningkatkan lagi kualitas yang ada di dalam perpustakaan tersebut seperti sumber daya manusia (SDM), Sarana prasarana (fasilitas), kegiatan yg edukatif dan lain sebagainya. Perencanaan tersebut harus bisa dijalankan dalam jangka panjang dan tentunya harus dapat membuat pengguna tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan.

    Oleh karena itu melalui tulisan ini saya menyimpulkan bahwa Ilmu Digital Marketing ini sangat dibutuhkan untuk Calon Pustakawan, tidak hanya berlaku untuk calon pustakawan tapi bagi siapapun diluar sana karena dari digital marketing kita dapat membuat promosi dan menyebarkan informasi menjadi lebih mudah karena bisa menjangkau siapa saja dan kapan saja tidak menghalangi komunikasi dimanapun dan kapanpun. Sekeren itu banget ya 👏

Selain itu, Perpustakaan membutuhkan digital marketing agar dapat mempresentativekan perpustakaan tersebut kepada masyarakat luar. Promosi yang tepat dapat menggunakan konsep digital marketing karena pada era saat ini teknologi merupakan faktor yang paling utama, seperti halnya semua orang lebih sering menggunakan gadget dalam aktifitas kesehariannya maka manajemen pemasaran untuk melakukan promosi dalam bentuk digital harus dilakukan. Digital marketing untuk mempromosikan suatu perpustakaan tentu akan meningkatkan kunjungan di perpustakaan selain itu bisa menumbuhkan minat literasi informasi kepada masyarakat, karena dalam mempromosikan perpustakaan kita bisa memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan dalam perpustakaan, koleksi buku terbaru , dan menyebarkan informasi menjadi lebih mudah karena bisa menjangkau siapa saja dan kapan saja tidak menghalangi komunikasi di manapun dan kapanpun.

 

2 komentar:

  1. Ternyata banyak juga yg dipelajari jurusan ini dengan informasi tersebut jadi semakin tahu, terima kasih informasinya sangat bermanfaat ��

    BalasHapus
  2. Benar sekali kak, ilmu perpustakaan jg perlu terjun ke dunia teknologi. Terus semangat untuk menulis kak!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Related Post

REVIEW: SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+ PA+++

annyeong haseyo~~~👋 masih tentang sunscreen lagi kali ini karena menurutku sunscreen itu penting banget banget buat kita yang berada di ...